Wednesday, 29 July 2015

Memahami Makna "Perjanjian" dengan Benar

Memahami Makna "Perjanjian" dengan Benar
Covenant

Apa sih "Perjanjian" itu? Kebanyakan kita/ orang-orang Kristen sering sekali mengatakan bahwa kita adalah umat Perjanjian, tetapi harus jujur dikatakan bahwa hampir mayoritas tidak mengerti apa itu sebenarnya "Perjanjian". Percaya atau tidak, jika kita gagal memahami apa itu makna dari kata "Perjanjian", maka kita akan kesulitan mengenal Tuhan dengan benar.

Sebenarnya tidak sulit memahami apa itu arti dari "Perjanjian". Kata "Perjanjian" kalau kita artikan jelas sangat mudah, yaitu kesepakatan antara kedua belah pihak. Ada pihak yang mengakukan persyaratan, dan ada pihak yang menyetujui. Pihak pertama mengajukan persyaratan tertentu, dan jika pihak kedua menyetujuinya, maka perjanjian tersebut menjadi sah.

Wajib Dibaca: Makna Kasih Karunia yang Benar

Wajib Dibaca: Makna Kasih Karunia yang Benar
Grace

Apa sih kasih karunia itu? Pahami kasih karunia dengan benar sehingga kita tidak terjebak dengan pemahaman-pemahaman yang sebenarnya keliru mengenai kasih karunia. Artikel ini wajib dibaca agar kita tidak terjebak oleh pemahaman yang sebenarnya tidak benar mengenai kasih karunia.

Kebanyakan orang Kristen sekarang memiliki teologi seperti ini, Hukum Taurat sudah batal dan digantikan dengan Kasih Karunia. Gampangnya, mayoritas orang-orang Kristen meyakini bahwa Hukum Taurat sudah tidak berlaku dan digantikan dengan Kasih Karunia. Hukum Taurat itu jahat dan harus dihindari, sedangkan kasih karunia itu baik dan kita bisa hidup bebas di dalam Kasih Karunia. Inilah teologi dari mayoritas kita/ orang-orang Kristen saat ini.

Tetapi benarkah ini? Benarkah pemahaman kasih karunia seperti ini? Ini jelas pemahaman yang keliru. Jadi, bagaimana cara kita memahami kasih karunia dengan benar?

Kejadian 26:5 Abraham Ternyata Melakukan Hukum Taurat

Kejadian 26:5 Abraham Ternyata Melakukan Hukum Taurat
Genesis 25:6

Apakah Abraham tahu mengenai Hukum Taurat dan perintah-perintah Hukum Taurat seperti jangan mencuri, jangan membunuh, jangan berzinah, jangan menyembah patung, jangan memakan makanan yang dilarang Tuhan (jeroan, babi,, darah, lemak, udang, dll), dan juga perintah untuk menguduskan hari Sabat?

(Kejadian 26:5 [LAI TB] karena Abraham telah mendengarkan firman-Ku dan memelihara kewajibannya kepada-Ku, yaitu segala perintah, ketetapan dan hukum-Ku.")
Ibrani: עֵקֶב, אֲשֶׁר-שָׁמַע אַבְרָהָם בְּקֹלִי; וַיִּשְׁמֹר, מִשְׁמַרְתִּי, מִצְו‍ֹתַי, חֻקּוֹתַי וְתוֹרֹתָי
Transliteration: 'Aqev asher shama avraham beqoli wayyismor mishmarti mitzvotay khuqqotay wetorotay


Well, perhatikan ayat di atas baik-baik. Ada banyak sekali kesalapahaman di antara orang-orang Kristen yang mengira bahwa Hukum Taurat itu baru turun pada zaman Musa sehingga banyak sekali di antara kita yang mengira bahwa pada zaman sebelum Musa, sama sekali tidak ada Hukum Taurat sehingga orang-orang seperti Abraham, dan Nuh sama sekali tidak terikat dengan Hukum Taurat.

Tuesday, 28 July 2015

Matius 5:17 Tuhan Yesus Memelihara Hukum Taurat!

Matius 5:17 Tuhan Yesus Memelihara Hukum Taurat!
Law

(Matius 5:17 [LAI TB] "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. )

Tuhan Yesus adalah seorang Yahudi yang bahasa sehari-harinya adalah bahasa Aram Galilea yang memiliki kemiripan dengan bahasa Aram Palestina yang ada di Yerusalem.

Dalam bahasa Aram Palestina, ada satu kata yang menarik yang artinya adalah "menggenapi", yaitu kata "Leqayem לקיים". Kata "Leqayem לקיים" ini sangat menarik, karena kata ini memiliki banyak sekali arti.

Wednesday, 22 July 2015

Matius 26:40-41 Tidak Sanggupkah Kita Berjaga-jaga dan Berdoa dengan Tuhan Satu Jam Saja?

Matius 26:40-41 Tidak Sanggupkah Kita Berjaga-jaga dan Berdoa dengan Tuhan Satu Jam Saja?
Matius 26:40

(Matius 26:40 [LAI TB] Setelah itu Ia kembali kepada murid-murid-Nya itu dan mendapati mereka sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: "Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan Aku?
26:41 Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.")


Tidak sanggupkah kita berjaga-jaga/ berdoa setiap hari selama satu jam saja? Tahukah mengapa kita harus berdoa minimal satu hari satu jam? Agar kita tidak jatuh ke dalam dosa karena daging kita ini lemah.

Standar untuk berdoa satu jam merupakan standar minimal yang Tuhan Yesus tetapkan kepada kita. Standar satu jam ini hanyalah standar agar kita tidak jatuh ke dalam dosa. Daging kita ini begitu lemah dan begitu mudah jatuh ke dalam godaan-godaan dosa. Karena itu, untuk dapat mematikan daging ini, kita perlu berhubungan intim dengan Tuhan secara intens dan konsisten sehingga daging kita pun bisa mati sehingga kita tidak mudah untuk jatuh ke dalam dosa.

Sunday, 19 July 2015

1 Petrus 1:14-16 Kita Harus Hidup Kudus

1 Petrus 1:14-16 Kita Harus Hidup Kudus
Holiness

(1 Petrus 1:14 [LAI TB] Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu,
1:15 tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu,
1:16 sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.)


Dalam ayat di atas tertulis bahwa kita harus hidup kudus di dalam seluruh hidup kita sama seperti Tuhan kita juga kudus. Kita harus buang segala macam kenajisan-kenajisan, dosa-dosa, kecemaran-kecemaran seperti menonton video porno, seks bebas, berzinah, selingkuh, suka mencuri, berbohong, merokok, mabuk-mabukkan, memaki, mengumpat, suka bertengkar, dll. Segala macam kefasikan-kefasikan ini harus segera kita buang jauh-jauh. Hal-hal di atas jelas merupakan perbuatan-perbuatan kedagingan.

Wednesday, 15 July 2015

1 Timotius 4:1-5 Benarkah Paulus Mengatakan Bahwa Semua Makanan Sudah Dihalalkan?

1 Timotius 4:1-5 Benarkah Paulus Mengatakan Bahwa Semua Makanan Sudah Dihalalkan?
1 Timotius 4:1-5

(1 Timotius 4:1 [LAI TB] Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan
4:2 oleh tipu daya pendusta-pendusta yang hati nuraninya memakai cap mereka.
4:3 Mereka itu melarang orang kawin, melarang orang makan makanan yang diciptakan Allah supaya dengan pengucapan syukur dimakan oleh orang yang percaya dan yang telah mengenal kebenaran.
4:4 Karena semua yang diciptakan Allah itu baik dan suatupun tidak ada yang haram, jika diterima dengan ucapan syukur,
4:5 sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa.)
Greek: Τὸ δὲ πνεῦμα ῥητῶς λέγει, ὅτι ἐν ὑστέροις καιροῖς ἀποστήσονταί τινες τῆς πίστεως, προσέχοντες πνεύμασιν πλάνοις καὶ διδασκαλίαις δαιμονίων,
ἐν ὑποκρίσει ψευδολόγων, κεκαυτηριασμένων τὴν ἰδίαν συνείδησιν,
κωλυόντων γαμεῖν, ἀπέχεσθαι βρωμάτων, ἃ ὁ θεὸς ἔκτισεν εἰς μετάληψιν μετὰ εὐχαριστίας τοῖς πιστοῖς καὶ ἐπεγνωκόσιν τὴν ἀλήθειαν.
Ὅτι πᾶν κτίσμα θεοῦ καλόν, καὶ οὐδὲν ἀπόβλητον, μετὰ εὐχαριστίας λαμβανόμενον•
ἁγιάζεται γὰρ διὰ λόγου θεοῦ καὶ ἐντεύξεως.
Transliteration: To de penuma rhetos legei, hoti en hysterois kairois apostesontai tines tes pisteos, prosekhontes pneumasin planois kai didaskaliais daimonion
En hypokrisei pseudologon, kekauteriasmenon ten idian syneidesin
Kolyonton gamein, apekhestahai bromaton, ha Theos ektisen eis metalepsin meta eukharistias tois pistois kai epegnoskosin ten aletheian
Hoti pan ktisma Theou kalon, kai ouden apobleton, meta eukhasristias lambanomenon
Hagiazetai gar dia logou Theous kai entexeos

Monday, 13 July 2015

Dunia Lain: Bukti bahwa Orang Kristen tidak bisa Kesurupan Setan Dalam Acara Dunia Lain, Asli, tanpa Rekayasa

Dunia Lain: Bukti bahwa Orang Kristen tidak bisa Kesurupan Setan Dalam Acara Dunia Lain
Dunia Lain

Terus terang saya sangat menyukai acara Masih Dunia Lain di Trans7. Sebab acara ini ditayangkan secara Live, dengan kamera yang ditinggalkan standby diberbagai sudut, sehingga tayangan menjadi Live Nonstop. Dengan demikian para penonton bisa mengawasi acara ini dari rekayasa ataupun editing.

Para pesertanya terdiri dari wanita & laki-laki. Lokasi diadakan dibeberapa tempat keramat diseluruh nusantara, yang dipercaya mempunyai penunggu. Acara MDL ini dipandu oleh Ali, yang biasa menjadi Host diacara pengajian pagi. Lalu untuk Ahli pengusir hantunya, adalah seorang Ustad, yang sering dipanggil Kang Arif.

Biasanya semua pesertanya adalah islam. Mereka selalu menyebut kalimat-kalimat islam, seperti Assalamualaikum, Allahuakbar, La ila ha ilalah, Astafirudllah, dan berbagai bacaan arab lainnya. Tapi tetap saja mereka bisa kerasukan.

Sebenarnya semula tidak ingin mengganggu acara ini, karena terus terang saya sangat menyukai acara ini, saya juga sangat menyukai kedewasaan Hostnya si gundul Ali. Dan juga acara ini memberikan banyak sekali pencerahan tentang dunia roh, dan teknik Excorcism atau pengusiran setan.

Wednesday, 8 July 2015

Bolehkah Orang Kristen Makan Jeroan?

Bolehkah Orang Kristen Makan Jeroan?
Jeroan

Bolehkah orang Kristen makan Jeroan (Hati, Usus, Otak, Kepala Ikan, dll)?

(Keluaran 29:13 [LAI TB] Kemudian kauambillah segala lemak yang menutupi isi perut, umbai hati, kedua buah pinggang dan segala lemak yang melekat padanya, dan kaubakarlah di atas mezbah.
29:14Tetapi daging lembu jantan itu, kulitnya dan kotorannya haruslah kaubakar habis dengan api di luar perkemahan, itulah korban penghapus dosa.)

(Imamat 3:3 [LAI TB] Kemudian dari korban keselamatan itu ia harus mempersembahkan lemak yang menyelubungi isi perut, dan segala lemak yang melekat pada isi perut itu sebagai korban api-apian bagi TUHAN,
3:4 dan lagi kedua buah pinggang dan lemak yang melekat padanya, yang ada pada pinggang dan umbai hati yang harus dipisahkannya beserta buah pinggang itu.
3:5 Anak-anak Harun harus membakarnya di atas mezbah, yakni di atas korban bakaran yang sedang dibakar di atas api, sebagai korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN.)

Sunday, 5 July 2015

Matius 5:48: Kita Harus Sempurna Sama Seperti Bapa Kita di Sorga Sempurna

Matius 5:48: Kita Harus Sempurna Sama Seperti Bapa Kita di Sorga Sempurna
Matthew 5:48

(Matius 5:48 [LAI TB] Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.")
Yunani:Ἔσεσθε οὖν ὑμεῖς τέλειοι, ὥσπερ ὁ πατὴρ ὑμῶν ὁ ἐν τοῖς οὐρανοῖς τέλειός ἐστιν.
Transliteration: Esesthe oun hymeis teleioi, hosper ho pater hymon ho en tois ouranous teleios estin


Dalam ayat di atas dikatakan oleh Tuhan Yesus bahwa kita harus sempurna sama seperti Bapa kita yang di sorga itu sempurna. Kata “Sempurna” dalam ayat di atas menggunakan bahasa Yunani “Teleios τέλειός” yang artinya adalah “Sempurna, Utuh, Komplit, Dewasa, Tak Bercacat”. Standar ini adalah standar yang luar biasa tinggi yang dituntut oleh Tuhan Yesus kepada kita dimana Tuhan Yesus menghendaki kita untuk menjadi “Sempurna, Tak Bercacat, Utuh, dan juga Dewasa”.

Post Terkait

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...